1. ASPEK
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
a. Nama
Usaha
Koperasi
Mahasiswa Laboratorium Pendidikan Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal Yang
bergerak dalam usaha perdagangan dan jasa
b. Sejarah
Singkat
Koperasi Mahasiswa Laboratorium Pendidikan Ekonomi berdiri pada tanggal 03 Desember 2010, yang diprakasai oleh sekelompok Mahasiswa semester IV dan dosen pembimbing .Koperasi ini berdiri atas dasar kesadaran Mahasiswa semester IV dan dosen – dosen khususnya Program Studi Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang melihat antusias mahasiswa tentang koperasi sudah tumbuh besar, dan koperasi ini sebagai lahan untuk penerapan matakuliah program studi Pendidikan Ekonomi yang menitik beratkan pada perkoperasian.Awal skala usaha dan anggotanya hanya program studi pendidikan ekonomi, danusaha-usahaawal yaitu menjual ATK dankebutuhan mahasiswa, dan seiring berjalannya waktu bentuk perdagangannya pun menambahyaituFoto Copy ( jasa ), maka sekarang Koperasi Mahasiswa Laboratorium Pendidikan Ekonomi usahanya perdagangan dan jasa.
Koperasi Mahasiswa Laboratorium Pendidikan Ekonomi berdiri pada tanggal 03 Desember 2010, yang diprakasai oleh sekelompok Mahasiswa semester IV dan dosen pembimbing .Koperasi ini berdiri atas dasar kesadaran Mahasiswa semester IV dan dosen – dosen khususnya Program Studi Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang melihat antusias mahasiswa tentang koperasi sudah tumbuh besar, dan koperasi ini sebagai lahan untuk penerapan matakuliah program studi Pendidikan Ekonomi yang menitik beratkan pada perkoperasian.Awal skala usaha dan anggotanya hanya program studi pendidikan ekonomi, danusaha-usahaawal yaitu menjual ATK dankebutuhan mahasiswa, dan seiring berjalannya waktu bentuk perdagangannya pun menambahyaituFoto Copy ( jasa ), maka sekarang Koperasi Mahasiswa Laboratorium Pendidikan Ekonomi usahanya perdagangan dan jasa.
Perkembangan
jaman yang begitu pesat menuntut setiap individu untuk meningkatkan kualitas
dirinya. Hanya orang yang mempunyai “skill” yang dapat survive pada era yang
penuh persaingan tersebut. Pertumbuhan jumlah penduduk dan pengangguran yang meningkat
tiap tahunnya membuat orang semakin panik. Membangun jiwa kewirausahaan sejak
dini Merupakan salah satu solusinya.
c. Nama
& Tempat Kedudukan
Dengan mengacu hasil rapat mahasiswa dan dosen Pendidikan Ekonomi serta Kepala Progdi “KOPMA LABORATORIUM PENDIDIDKAN EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL” dengan alamat Kampus UPS Jalan Halmahera Km 2 Telp. 085228597514 dan untuk unit usaha yang didirikan juga bertempat di alamat tersebut. Selain itu ada pula data-data lainnya mengenai KOPMA Lab PendidikanEkonomi UPS Tegal yaitu sepertie-mail: kopmalabprodipe@yahoo.co.id.
Dengan mengacu hasil rapat mahasiswa dan dosen Pendidikan Ekonomi serta Kepala Progdi “KOPMA LABORATORIUM PENDIDIDKAN EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL” dengan alamat Kampus UPS Jalan Halmahera Km 2 Telp. 085228597514 dan untuk unit usaha yang didirikan juga bertempat di alamat tersebut. Selain itu ada pula data-data lainnya mengenai KOPMA Lab PendidikanEkonomi UPS Tegal yaitu sepertie-mail: kopmalabprodipe@yahoo.co.id.
d.
Permodalan
Permodalan
Usaha Kopma Pendidikan Ekonomi UPS Tegal Bersumber dari :
1. Simpanan
Wajib Anggota .
2. Simpanan
Pokok Anggota
3. Modal
Awal
4. Hibah
(Besarnya
masing-masing sumber terlampir dalam AD / ART Kopma Lab PE)
f. Fungsi
dan Peran
KOPMA Lab PendidikanEkonomiUniversitasPancasaktiTegal adalah lembaga ekonomi (badan usaha) yang juga lembaga kemahasiswaan. Sehingga KOPMA mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai wahana pelayanan dan peningkatan kesejahteraan mahasiswa, juga sebagai wahana pendidikan yaitu tempat pembentukan kader koperasi (human invesment).
KOPMA Lab PendidikanEkonomiUniversitasPancasaktiTegal adalah lembaga ekonomi (badan usaha) yang juga lembaga kemahasiswaan. Sehingga KOPMA mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai wahana pelayanan dan peningkatan kesejahteraan mahasiswa, juga sebagai wahana pendidikan yaitu tempat pembentukan kader koperasi (human invesment).
Fungsi dan
peran itu diwujudkan dengan kegiatan sehari-harinya dalam bentuk:
1.
Menyediakan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan pokok
mahasiswa (student basic need’s).
2.
Menyelenggarakan program-program pendidikan, pelatihan dan kepemimpinan
(idealism dan leadership need’s)
3.
Menyediakan sarana dan aktivitas yang dapat menunjang profesi.
g. Bentuk
KOPMA Lab PendidikanEkonomiUniversitasPancasaktiTegal merupakan salah satu lembaga kemahasiswaan tingkat Perguruan Tinggi yang berupa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
KOPMA Lab PendidikanEkonomiUniversitasPancasaktiTegal merupakan salah satu lembaga kemahasiswaan tingkat Perguruan Tinggi yang berupa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
h.
Keanggotaan & Pembinaan
Sistem
Keanggotaan
Sistem Keanggotaan KOPMA Lab Pendidikan Ekonomi Universitas PancasaktiTegal dari awal berdiri sampai bulan Desember 2011 bersifat Otomatis.
Sistem Keanggotaan KOPMA Lab Pendidikan Ekonomi Universitas PancasaktiTegal dari awal berdiri sampai bulan Desember 2011 bersifat Otomatis.
Jumlah
anggota Kopma Lab Pendidikan Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal sampai dengan
01 Januari 2012 berjumlah 2.233 orang yang tersebar di setiap semester program
studi pendidikan ekonomi
Sistem
Pembinaan
Sistem pembinaan anggota di KOPMA Lab PendidikanEkonomi UPS Tegal dilaksanakan dengan cara:
Sistem pembinaan anggota di KOPMA Lab PendidikanEkonomi UPS Tegal dilaksanakan dengan cara:
a.
Pengenalan KOPMA (disampaikan melalui ospekUniversitas)
b.
PendidikanPraAnggota (pengetahuanawaluntukmenyambutanggotabaru)
l. Bidang
Usaha
1. ATK ( AlatTulis Kantor )
1. ATK ( AlatTulis Kantor )
2. Foto Copy
m. Omset
Usaha
Omset usaha
KOPMA Lab PendidikanEkonomi UPS Tegal pada tahun buku 2011 adalah sebesar : Rp.
48.075.125,-
n. Sisa
Hasil Usaha (SHU)
Sisa Hasil
Usaha (SHU) tahun 2011 adalah sebesar : Rp. 22.750.165,-
2.
ASPEK PEMASARAN
Anggota Kopma Lab PendidikanEkonomimerupakan mahasiswa UPS Tegal dimulai dari
angkatan 2009 yang sifatnya otomatis dan karena anggota dalam koperasi
merupakan pemilik sekaligus pelanggan maka pangsa pasar utama dari
seluruh unit usaha adalah seluruh mahasiswa UPS Tegal khususnya mahasiswa yang
menjadi anggota. Yang jumlahnya sebagaimana sudah di sebutkan sebelumnya
juga seluruh civitas akademika UPS Tegal. Dan untuk unit usaha
tertentu pangsa pasarnya tidak hanya anggoita melainkan masyarakat
disekitar kampus seperti untuk Foto Copy danPenjualan ATK.
a. Faktor-Faktor Penghambat
1.
Terdapatnya unit usaha yang serupa yang dikelola oleh pihak lain disekitar
lokasi usaha menjadikan pangsa pasar yang menjadi pasar sasaran terbagi.
2. Belum
diperolehnya produsen atau pemasok yang betul-betul bersaing dalam harga
3. Manajemen
setiap unit usaha yang belum optimal.
4.
Faktor finansial yang kurang mendukung untuk adanya ekspansi usaha
5.
Pengembangan usaha yang cenderung hanya memanfaatkan lokasi yang disediakan
(tidak ada difersifikasi usaha ekstern) dikarenakan faktor financial.
b.
Faktor-Faktor Pendukung
1. Letak
usaha cukup strategis karena berada di pusat kampus
2. Jumlah
mahasiswa yang banyak yangnotabene adalah sebanyak+400 anggota.
3. Unit
usaha yang ada berorientasi pada kebutuhan mahasiswa yang merupakan pangsa
pasar utama.
4. Adanya
respons positif dari pihak pimpinan lembaga UPS Tegal bagi perkembangan kopma
sebagai uinit kegiatan mahasiswa yang rill,
5. Berdasarkan
point 4. jelas bahwa pangsa pasarnya bukannya hanya mahasiswa sebagai anggota,
tetapi juga seluruh civitas akademika UPS Tegal.
6.
Sumberdaya anggota yang cukup potensial untuk memegang roda usaha kopma, karena
SDA terdiri dari berbagai disiplin ilmu, sehingga satu sama lainnya saling
mendukung.
0 komentar:
Posting Komentar